Sabtu, 02 Mei 2015

KANDUNGAN ZAT ZAT YANG ADA PADA BAHAN MAKANAN ''BERAS''

Mungkin kita sering mengenal dan bahkan akrab dengan Beras,beras dan beras,kalau kita bicara yanng satu ini tentu kita teringat dengan tanaman Padi[Oryza Sativa]bangsa kita ,juga sebagian bangsa bangsa di dunia ini adalah konsumen yang besar terhadap makanan yang namanya beras,dari dahulu nenek moyang kita telah mengenal yang namanya beras tersebut.sekilas dengan kandungan zat zat yang ada di dalam beras.
Inilah beberapa zat zat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia serta sumber energi bagi manusia ,antara lain:  
 [I].KANDUNGAN ZAT ZAT YANG ADA PADA BAHAN MAKANAN ''BERAS''
-Lemak   :0.66 gram.
-Protein   :7.13 gram.
-Karbohidrat:79 gram.
-Gula:012 gram.
-Air:11.62 gram.
-Thiamin:0.070.mg.[vit.B1]
-Serat Pangan:1.3gram.
-Riboflavin:0.049.mg.[Vit B2]
-Volat:8 Ug.[Vit.B9].
-Niacin:1.6 mg[Vit B3].
-Seng:1.9mg.
-Kalium :11.5mg.
-Mangan:1.088mg.
-Fosfor:115mg.
-Magnesium:25mg.
-Asam Pantohenat: 1.014mg.
-Vit Be:1.064mg.
-Energi:356 K.cal.

Itulah kandungan beras putih, dalam 100gram,menurut standart gizi Amerika Serikat,sehingga memang sangat cocok untuk bahan makanan manusia ,selain gandum,Jagung dan lainnya menyesuaikan dengan kebiasaan dan budaya suatu wilayah tersebut,karena beras sangat dibutuhkan,sehingga harga beras tidak jarang melambung tinggi,dan hingga sekarang negeri kita masih tergantung import beras dari negeri lain,padahal wilayah negeri sangat luas cocok untuk lahan pertanian.
Karena menggiurkannya bisnis beras tidak jarang ada orang orang yang tidak bertanggung jawab,dengan mengoplos[mencampur beras yang kadaluarsa[kuailtas buruk]di oplos dengan dengan beras layak di makan,sehingga seolah-olah menjadi beras yang baru panen,kemudian juga hati hati dengan beras yang putih bersih,karena bisa saja beras tersebut sudah dicuci dengan cairan pemutih pakaian,lalu kita konsumsi.
Demikian lah dengan salah satu bahan makanan pokok manusia yaitu beras ,dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian,salam

Ali Taufik

About Ali Taufik

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :